by

Prancis Jadi Negara Termahal di Piala Dunia 2018

Prancis Jadi Negara Termahal di Piala Dunia 2018

Berita Bola – Jika skuad peserta Piala Dunia 2018 diurutkan berdasarkan nilai jual total para pemainnya, siapakah yang termahal? Ternyata bukan Brasil, bukan Portugal, bukan pula Spanyol. Siapa? Prancis Jadi Negara Termahal di Piala Dunia 2018

Prancis Jadi Negara Termahal di Piala Dunia 2018

Perancis menjadi skuad tim nasional dengan nilai gabungan para pemain termahal dari semua peserta Piala Dunia 2018, hajatan sepak bola terbesar yang akan dimulai dua hari lagi di Moskow, Rusia.

Nilai transfer dari semua pemain yang berpartisipasi di Piala Dunia 2018 adalah 12,6 miliar euro. Itu setara dengan Rp 207 Trilyun. Untuk bisa memahami angka itu, angka pendapatan negara Indonesia dari migas, pajak, dan lain-lain, seperti disampaikan presiden Jokowi adalah sebesar Rp 1.878 Trilyun. Atau dengan kata lain, nilai total semua pemain pada kompetisi di Rusia ini kira-kira sepersepuluh pendapatan Indonesia.

Jika Anda selaku pemilik klub sepak bola di Indonesia – katakanlah – ingin menandatangani ke-23 pemain dari tim nasional Prancis, yang akan berpartisipasi di Rusia, total biaya yang dibutuhkan adalah 1,410,3 juta euro, atau setara Rp 23,2 Trilyun, menurut Kajian Sepakbola dari Pusat Internasional untuk Studi Olahraga (CIES).

Institut asal Swiss ini telah menghitung nilai pasar tim yang berpartisipasi di Piala Dunia dan perhitungan mereka menempatkan Perancis sebagai timnas yang paling mahal, mengalahkan Inggris (Rp 22,8 Trilyun), Brasil (Rp 20,9 Trilyun), dan Spanyol (Rp 15,8 Trilyun).

Sementara itu, peringkat timnas paling murah ditempati oleh Kosta Rika, Iran, Arab Saudi dan Panama.

Seluruh pemain dari berbagai tim nasional Amerika Tengah memiliki nilai pasar gabungan sebesar 15 juta euro, setara Rp 247 Milyar. (Mungkin klub-klub Liga 1 Indonesia paling baik ambil pemain asing dari kawasan ini. Murah!)

Studi ini juga melaporkan pemain paling berharga dari masing-masing tim nasional dan total biayanya. Di Perancis, pemain dengan nilai pasar tertinggi adalah Kylian Mbappe (Rp 3,08 Trilyun), di atas Antoine Griezmann.

Di Inggris, Harry Kane (Rp 3,3 Trilyun), Brasil: Neymar (Rp 3,2 Trilyun), sementara di Spanyol, menurut perhitungan CIES, pemain dengan nilai pasar tertinggi adalah Saul Niguez, dengan 101 juta euro (Rp 1,66 Trilyun).

Lionel Messi (184 juta euro, atau Rp 3,03 Trilyun) dan Cristiano Ronaldo (103 juta atau Rp 1,69 Trilyun) adalah dua pemain paling berharga dari Argentina dan Portugal masing-masing. Jika Anda marah mengapa Ronaldo cuma segitu harganya, marahlah ke CIES. Lembaga ini memperhitungkan banyak komponen untuk memperkirakan nilai pasar, termasuk di antaranya usia. Ingat bahwa Ronaldo sudah berusia 33 tahun saat ini, dibandingkan Lionel Messi 30 tahun.

Sementara itu Mohamed Salah menduduki daftar pemain termahal untuk skuad Mesir. Nilai pasar Salah seorang saja mewakili 74% dari total nilai pasar dari tim nasionalnya. Sebegitu berharganya dia untuk Mesir.

Yang mengagetkan tentu saja Jerman. Pemain termahal di Die Mannschaft adalah kipernya. Dan bukan Manuel Neuer tapi Marc-Andre ter Stegen. Jerman memang aneh. Sementara itu di skuad Belgia, Kevin de Bruyne pemain termahal, bukan Romelu Lukaku atau Eden Hazard.

Di Portugal kita sudah tahu siapa. Sedangkan pada skuad Uruguay, Luis Suarez masih menduduki peran pemain termahal, bukan Edinson Cavani. Lihat selengkapnya di bawah ini, diambil dari Marca.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed